Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat Datang Jiwa Adventure

Minggu, November 03, 2013

Tips Sederhana Mengatasi Hipotermia

Salam Lestari., Halo sobat Alam jiwa Petualang, bagaimana kabar kalian.? Sehat.? Berak Lancar.? haha 
langsung saja kali ini saya akan berbagi tips sederhana mengatasi hipotermia berdasarkan pengalaman pribadi penulis :D 
pernah gak sobat Alam nge-camp dialam bebas.? tentu pernah kan, tapi pernah gak agan kelupaan bawa playsit (Penutup tenda bagian atas) mungkin bukan cuma akunya yang lupa mungkin yang baca nih postingn pernah juga hehe. 

kala itu saya ikut kegiatan Ekspedisi 1 Rajab di Lembah Ramma G.Bawakaraeng (Yang gak pernah kesana saya sarankan kunjungilah Gan) yaa ini kali pertama saya ke lembah Ramma dan parahnya lagi saya tidak punya perlengakapan yang memadai seperti tenda cerier nesting dll yang saya punya cuma bodypack dan SB hehe (Maklum Newbie) untungnya disana ada tempat yang menawarkan peminjaman alat dan cukup terjangkau harganya. saya dan rombongan menyewa alat ; Carier,Nesting,SB,Tenda Dome,Raincout. untuk waktu 24jam :D 

tanpa periksa alat kami pun berangkat ke lembah Ramma sekitar pukul 08:00 Wita diperjalanan kami menjumpai beberapa pendaki lainnya yang saling bergantian ada yang pulang ada juga yang baru akan kesana, layaknya daerah wisata tempat ini selalu rame dikunjungi para pecinta Alam. 

sesampainya di lokasi kami segera mendirikan tenda dan jreeenggg Kagett tenda kami tidak dilengkapi playsit dan cuaca tidak bersahabat :( 

malam harinya hujan deras ditambah badai datang dan menghempaskan tenda kami, kami tetap stay didalam tenda .

didalam tenda sya terkena hipotermia (Kedinginan) bersama kakak saya disebabkan tenda kami kebanjiran dan semua pakaian kami basah, SB saya pun basah, 

Nah tipsnya Adalah jreengg jrengggg.. 
> Buka baju, yah buka baju apabila kita masih tetap pakai baju dalam keadaan basah maka tubuh kita akan tetap basah disebabkan baju kita menyerap air dan akan tetap basah.
> Apabila terdapat dua orang atau lebih usahakan yang terkena hipotermia dibuka bajunya dan dipeluk, yang memeluk juga buka baju agar panas yang ada didalam tubuh sipemeluk bisa tertranfer lewat sentuhan kulit (eeiittss asal jangan lawan jenis yaa ntar keasikan) hehe.
> Apabila memungkinkan atau bisa memasak air segeralah masak air dan ketika sudah mendidih masukkan kedalam botol kemasan air minum, lalu si penderita hipotermia masuk ke dalam SB (Sleeping Bag) atau sarung bersamaan dengan botol yang telah diisi air panas.
>Jika jenis hipotermianya masih ringan usahakan jangan dipikirkan rasa dingin tersebut (Nikmati) dan lakukan beberapa pemanasan jangan tinggal diam. usahakan dapat membuat api unggun atau api kecil dari sobekan kertas atau sampah plastik yang kering (Letakkan tangan diatas api sambil nikmati kehangatannya)


sekian tips pribadi dari saya, maaf yaa kalau kepanjangan pengantarnya :D 

Salam Lestari !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar