Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat Datang Jiwa Adventure

Minggu, Juni 05, 2011

Sejarah Singkat Sispala Sherpa

Sispala merupakan singkatan dari Siswa Pecinta Alam. Sispala adalah kelompok pecinta alam yang bernaung di setiap sekolah di bawah kepengawasan kepala sekolah atau pun wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Sispala termasuk organisasi ekstrakurikuler.

Sispala sendiri bukan nama mutlak dari organisasi kepecinta alaman yang ada di setiap sekolah. Sebab tidak sedikit yang menggunakan nama yang telah disepakati oleh pendiri kelompok pecinta alam tersebut. Akan tetapi, secara umum orang sudah paham bahwa setiap organisasi kepecinta alaman di tingkat sekolah adalah Sispala.

Sispala Sherpa..! itulah nama yang kami sebut untuk Sispala SMA N 1 BANGKALA BARAT . Yang mana
Sherpa, adalah nama salah satu suku bangsa di Nepal dan Tibet yang hidup di lereng-lereng pegunungan Himalaya. Salah seorang sherpa yang ternama adalah Tenzing Norgay yang membantu Hillary mendaki Mount Everest.
Mereka banyak menjadi pemandu karena ahli mendaki dan kenal medan. Saat ini jumlah mereka kurang lebih 60.000 jiwa.
Dewasa ini nama sherpa banyak dipakai sebagai sinonim nama pemandu, meski belum tentu dari suku Sherpa ini. di smping itu Sherpa juga merupakan singkatan dari "SISWA HEBAT RAJA PECINTA ALAM"

Sispala SMANSA BB didirikan oleh Mahasiswa dari UNM (Universitas Negeri Makassar) dengan kegigihannya mereka membentuk suatu organisasi yang namanya Sispala di sekolah kami.

Sispala Sherpa resmi didirikan pada tanggal 19-03-2011 yang diresmikan oleh kepala sekolah SMANSA BB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar